GOLDEN AGE, APA YANG HARUS DILAKUKAN ORANG TUA?

GOLDEN AGE, APA YANG HARUS DILAKUKAN ORANG TUA?
Perkataan “ wah, cepet banget ya. Tau-tau udah gede aja sekarang” sering terdengar bagi kita, hal tersebut menunjukan bahwa perkembangan anak sering kali tidak terlalu disadari dan cenderung kurang diberi perhatian khusus. Akan lebih baik jika anak mendapat perhatian lebih dan dukungan secara maksimal seperti waktu, kesempatan, dorongan, sarana, lingkungan, hubungan yang harmonis dalam keluarga, cara mendidik yang baik, serta kesempatan untuk memperoleh pengetahuan dari orang tua pada masa perkembangannya terutama pada usia 0-5 tahun atau yang sering dikenal sebagai Golden Age, menurut Sunarto dan Agung Hartono,dalam buku Perkembangan Peserta Didik,menjelaskan bahwa anak usia dini memiliki pola perkembangan yang dapat dikatakan sangat unik, dalam arti memiliki pola pertumbuhan dan perkembangan (koordinasi motorik halus dan kasar), intelegensi (daya pikir, daya cipta, kecerdasan emosi, dan kecerdasan spiritual), sosial emosional (sikap dan perilaku serta agama), bahasa dan komunikasi yang khusus sesuai dengan tingkat pertumbuhan dan perkembangan anak.
Beberapa hal yang dapat dilakukan oleh orang tua antara lain sebagai berikut :
  1. Memberikan stimulus
Stimulus dapat diberikan dengan berbagai metode seperti permainan atau mengajak anak diskusi dengan maksut untuk merangsang anak agar dapat beradaptasi, menyelesaikan masalah, managemen waktu dan memahami posisinya di lingkungan sosial. Selain itu, anak juga dapat menambah kosa kata baru dan meningkatkan kecerdasan serta melatih anak untuk aktif bergerak.
  1. Memberikan gizi yang baik
Selain memberikan stimulus, anak juga memerlukan gizi yang sangat baik agar perkembangan anak maksimal. Otak dan fisik yang sedang berkembang memerlukan berbagai gizi untuk mendukung pertumbuhannya.

  1. Saling memahami
Hubungan yang baik antara orang tua dan anak akan sangat membantu dalam proses mendidik anak sampai kapanpun. Orang tua akan memahami apa yang diinginkan dan potensi anak sehingga akan mempermudah orang tua dalam menentukan sikap dan metode parenting yang tepat agar anak dapat diarahkan tanpa paksaan.  

Sedikit tips diatas diharapkan dapat membantu untuk memaksimalkan peran orang tua dalam mendidik anak pada masa emas perkembangannya sehingga akan tercipta generasi-generasi yang unggul untuk bangsa Indonesia kedepannya. Diharapkan akan banyak bermunculan generasi penerus bangsa yang kuat fisiknya, cerdas dan bersosial serta bermoral.

Daftar pustaka
Diana Mutiah, Psikologi Bermain Anak Usia Dini, Jakarta: Kencana, 2010)
Isjoni, Model Pembelajaran Anak Usia Dini (Bandung : Alfabeta, 2010), hal. 24
Muhibbin Syah, Psikologi Pandidikan Dengan Pendekatan Baru,(Bandung : PT. Remaja Rosda karya, 2010), hal. 62-63

Blog Kelompok 7

Tidak ada komentar:

Posting Komentar